Home » , » Permasalahan Pembangunan Ekonomi

Permasalahan Pembangunan Ekonomi

Written By Akmal AZB on Wednesday 8 March 2017 | 23:18

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang permasalahan pembangunan ekonomi dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertiannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

Permasalahan Pembangunan Ekonomi

- Permasalahan pembangunan ekonomi dalam negara berkembang seperti Indonesia perlu mendapatkan perhatian serius.

- Kemiskinan adalah manifestasi dari keadaan kekurangan dan keterbelakangan masyarakat. Besar nilai pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan dasar minimum makanan dan non makanan tersebut disebut garis kemiskinan. Penduduk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar minimum dikategorikan sebagai penduduk miskin.

- Keterbelakangan. Indonesia masih termasuk negara yang sedang membangun, khususnya bila ditinjau dari segi kemajuan teknologi, kemajuan ekonomi, kemajuan dan pelayanan kesehatan, tingkt pemeliharaan barang-barang umum, disiplin, dan penghargaan terhadap waktu.

- Lapangan kerja. Penciptaan dan perluasan lapangan kerja terus diupayakan terutama melalui peingkatan dan pemerataan pembangunan industri, pertanian, dan jasa yang mampu menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

-Pemerataan pembangunan. Pembangunan daerah dan pembangunan pedesaan perlu lebih digiatkan agar pembangunan seluruh wilayah Indonesia semakin merata dengan lebih diarahkan pada perluasan kesempatan kerja, pembinaan pengembangan lingkungan pemukiman pedesaan dan perkotaan serta peningkatan kemampuan penduduk untuk memanfaatkan sumber daya alam.

Dampak Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif :

-Meningkatkan taraf hidup masyarakat

-Meningkatkan persediaan barang dan jasa

-Meningkatkan semangat dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan perkembangan zaman

-Meningkatkan sikap kemanusiaan dan kesetiakawanan sosial

-Membantu masyarakat untuk hidup lebih mudah

Dampak Negatif :

-Perubahan fisik lingkungan hidup

-Perubahan mata pencaharian

-Perubahan lingkungan hidup sosial

-Perubahan lingkungan alam akibat pencemaran

   Program Pembangunan Nasional (Propernas) adalah rencana pembangunan yang berskala nasional serta merupakan kosensus serta komitmen bersama seluruh masyarakat mengenai pembangunan nasional yang akan dilaksanakan selama kurun waktu lima tahun.

   Sejalan dengan propernas, masing-masing departemen dan pemerintah daerah juga menyusun rencana strategi (Renstra) dan Program Pembangunan Daerah (Properda).

   Secara garis besar, ada lima agenda kebijakan Propernas sebagai berikut :

-Membangun sistem politik yang demokratis serta mempertahankan persatuan dan kesatuan

-Mewujudkan supermasi hukum dan pemerintah yang bersih

- Mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan

- Membangun kesejahteraan rakyat dan ketahanan budaya

-Meningkatkan pembangunan daerah

Dari artikel tentang permasalahan pembangunan ekonomo ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran ekonominya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads