Home » , » Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional

Written By Akmal AZB on Friday 10 March 2017 | 05:52

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang perdagangan internasional dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertiannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

Perdagangan Internasional

- Perdagangan internasional memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan dunia. Melalui perdagangan internasional, setiap negara tidak perlu memproduksi semua kebutuhannya, tetapi cukup memproduksi barang yang paling efisien dibanding negara lain.

- Perdagangan internasional juga memungkinkan rakyat negara tersebut memperoleh barang konsumsi yang tidak ada di negara mereka.

- Faktor pendorong perdaganan internasional:

> Keanekaragaman kondisi produksi

> Penghematan biaya produksi

> Perbedaan selera

- Kebijakan perdagangan internasional pada setiap negara mungkin berbeda. Sejumlah negara mungkin memilih menjalankan kebijakan perdagangan bebas, tetapi ada pula yang memilih menjalankan kebijakan perdagangan proteksi, dan ada pula yang memilih gabungan keduanya.

- Kebijakan perdagangan bebas dianjurkan oleh aliran fisiokratis dan aliran liberal dengan memanfaatkan prinsip keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif dalam membangun argumennya.

   Beberapa alasan timbulnya perdagangan bebas:

> Perdangangan bebas cenderung memacu persaingan

> Mendorong peningkatan efisensi, perbaikan mutu produk, dan perbaikan kemajuan teknologi

> Merangsang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan

> Lebih mudah menarik modal asing

> Memungkinkan konsumen menghadapi ruang lingkup pilihan yang lebih luas

- Kebijakan proteksi perdagangan muncul sebagai koreksi terhadap kebijakan perdagangan bebas. Perdagangan bebas dianggap hanya menguntungkan negara-negara maju dan tidak memberikan manfaat bagi negara-negara berkembang.

   Kebijakan proteksi perdagangan juga didasarkan pada beberapa alasan :

> Untuk melindungi industri dalam negeri yang baru tumbuh

> Menciptakan lapangan kerja

>Sumber penerimaan negara

  Hampir semua negara menggunakan alat-alat kebijakan proteksi oleh karena beberapa alasan sebagaimana telah disebutkan diatas.

   Beberapa alat kebijakan proteksi perdagangan itu antara lain bea masuk, kuota, subsidi, dan larangan impor

   Dari artikel tentang perdagangan internasional ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran ekonominya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads