Home » , » Perbedaan Hadis Nabswi, Hadid Qudsi dan Al-Qur'an

Perbedaan Hadis Nabswi, Hadid Qudsi dan Al-Qur'an

Written By Akmal AZB on Sunday 5 March 2017 | 20:55

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang perbedaan hadis nabawi, hadis qudsi dan al-qur'an dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertian dan perbedaannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

PERBEDAAN HADIS NABAWI, HADIS QUDSI DAN AL-QUR’AN

1.      Perbedaan Hadis Nabawi dengan Hadis Qudsi

a.      Pada hadis nabawi, Rasulallah saw menjadi sandaran sumber pemberitaan, sementara pada hadis qudsi Rasulallah saw menyandarkan sumber pemberitaan kepada Allah swt.

b.      Pada Hadis Nabawi, pemberitaannya meliputi perkataan, perbuatan dan persetujuan. Sementara pada Hadis Qudsi Nabi saw hanya memberitakan perkataan saja.

c.       Hadis Nabawi merupakan penjelasan dari kandungan Al-Qur’an baik secara langsung maupun tidak langsung. Sementara Hadis Qudsi merupakan wahyu langsung dari Allah swt.

d.      Pada Hadis Nabawi, lafal dan maknanya bersumber dari Rasulallah saw. Sementara Hadis Qudsi, maknanya dari Allah swt, dan redaksinya disusun sendiri oleh Nabi saw.

e.      Pada Hadis Qudsi selalu menggunakan ungkapan “  قال الله عز وجل “ atau semisalnya. Sementara pada Hadis Nabawi tidak terdapat ungkapan tersebut.

2.      Perbedaan Hadis Nabawi dengan Al-Qur’an

a.      Hadis Nabawi adalah sabda Rasulallah saw, sedangkan Al-Qur’an merupakan firman Allah swt.

b.      Hadis Nabawi bukan merupakan mukjizat, sedangkan Al-Qur’an adalah mukjizat.

c.       Hadsi Nabawi diriwayatkan secara ahad, sedangkan Al-Qur’an diriwayatkan secara mutawatir.

d.      Kebenaran Hadis Nabawi bersifat “zhanniyu al-wurud” yakni kebenarannya bersifat relative, sedangkan kebenaran Al-Qur’an bersifat “Qath’iyyu al-wurud” yaitu mutlak kebenarannya.

e.      Membaca Hadis Nabawi tidak beroleh pahala sedikitpun, sedangkan membaca Al-Qur’an bernilai ibadah.

   Dari artikel tentang perbedaan hadis nabawi, hadis qudsi dan alqur'an ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran hadisnya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads