Home » , » Pembayaran Internasional

Pembayaran Internasional

Written By Akmal AZB on Friday 10 March 2017 | 05:52

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pembayaran internasional dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertiannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

Pembayaran Internasional

-Devisa dan fungsi devisa

   Devisa adalah kekayaan uatu negara dalam bentuk mata uang asing yang berguna sebagai alat pembayaran internasional. Devisa dapat terdiri dari uang kertas asing, wesel, cek, dsb.

   Devisa dapat dibedakan atas devisa umum dan devisa kredit:

> Devisa umum diperoleh dari perdagangan antar negara, antara lain dari hasil penjualan ekspor barang, transaksi jasa, dan transfer uang dari luar negeri.

> Devisa kredit diperoleh dari luar negeri berupa pinjaman, hibah, dan bantuan dari luar negeri dan harus dikembalikan pada waktu yabng telah ditetapkan.

- Secara umum fungsi dan tujuan penggunaan devisa adalah sebagai berikut :

> Untuk menghitung kemampuan membayar pembayaran internasional

> Untuk mengetahui kondisi moneter pada saat itu

> Untuk menstabilkan nilai mata uang rupiah

> Sumber pembiayaan untuk mendorong pembangunan ekonomi
Untuk mendukung tercapainya stabilitas moneter

> Untuk membayar utang luar negeri, begitu cadangandevisa tersedia, utang luar negeri dapat dibayar sesuai dengan jatuh tempo.

- Sumber devisa suatu negara antara lain terdiri dari :

> Transaksi barang

> Transaksi jasa

> Transfer penghasilan

> Transasksi modal / keuangan

-Pembayaran dalam pelaksanaan transaksi perdagangan luar negeri dapat diatur dengan sejumlah cara sebagai berikut :

> Cash Payment, pembayaran tunai yang biasa dilakukan oleh eksportir yang belum mengenal importir atau kurang percaya dengan bonafiditas importir

> Open account, Merupakan kebalikan dari pembayaran cash. Melalui open account, barang yang telah dikirim kepada importir tanpa disertai surat perintah membayar serta dokumen-dokumen.

> Letter Of Credit, artinya pada transaksi ini penjual dan pembeli lebih suka membayar transaksi perdagangan dengan menggunakan Letter of Credit (LC)

> Commercial bills of exchange, artinya cara pembayaran ini paling umum dipakai. Ini adalah surat yang ditulis oleh penjual yang berisi perintah kepada pembeli untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu di nmasa datang.

   Dari artikel tentang pembayaran internasional ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran ekonominya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads