Home » » PowerPoint

PowerPoint

Written By Akmal AZB on Wednesday, 26 April 2017 | 01:44

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang powerpoint. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertiannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saja simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

POWERPOINT

   Microsoft PowerPoint merupakan software produk Microsoft® yang dikhususkan untuk pembangunan atau pembuatan slide untuk presentasi. Microsoft PowerPoint memiliki beberapa alat bantu (tools) yang membantu perancang slide untuk mendesain slide sehingga tampil lebih menarik dan mudah dikendalikan saat melakukan presentasi.

   Sebelum kita mengenal PowerPoint, kita buka dulu software Microsoft PowerPoint. Untuk membukanya, klik tombol Start - All Program - Microsoft Office - Microsoft PowerPoint

A. MENGIDENTIFIKASI MAMFAAT PROGRAM PRESENTASI

   Dalam dunia bisnis para pengusaha sering dihadapkan pada promosi, menjual produk, tender proyek dan sebagainya. Dalam menyampaikan semua tujuan yang akan dicapai salah satunya dengan cara mempresentasikan di depan publik  sehingga pembeli, pemilik proyek tertarik dan menjatuhkan pilihan pada produk atau perusahaan yang dipromosikan.

   Sebelumnya sudah banyak dikenal beberapa alat presentasi, seperti poster, OHP, dan slide proyekto. Dalam perkembangan tehnologi komputer juga menyediakan suatu program yang dikususkan untuk presentasi. Program untuk pembuatan presentasi saat ini sudah berkembang sedemikian rupa sehingga pemakai komputer mempunyai banyak pilihan.

   Salah satu program yang mudah digunakan untuk membuat presentasi adalah Micrrossoft PowerPoint. Program ini menjadi menjadi satu produk dengan Microssoft Word, Microssoft Excel. Microssoft PowerPoint atau biasa disebut PowerPoint merupakan salah satu produk pada program under windows yang terdiri dari : Word, Excell dan PowerPoint.. Sebagai program yang terkemas dalam satu paket, maka ketiga program ini mempunyai menu dan operasi yang hampir sama, sehingga dengan menguasai salah satunya maka yang lain akan tidak terlalu sulit.

   PowerPoint merupakan program yang dikhusukan untuk membuat presentasi. Kemudahan operasional (user Frendly) membuat program ini menjadi populer walaupun banyak program presentasi yang lain.

   Untuk mengaktifkan program ini ikuti langkah berikut :

1. Klik start

2. Klik program

3. Pilih microssoft office XP

4. Pilih Microssoft PowerPoint

   Setelah aktif maka akan muncul jendela powerpoint

   Dalam Microssoft powerpoint terdapat beberapa bagian lembar presentasi, yaitu menu tools, slide sorter dan slide view, lembar presentasi, task pane. menu dan tools merupakan ikon – ikon untuk mengoperasikan lembar presentasi. Slide sorter adalah suatu tampilan untuk setiap lembar presentasi, Slide view untuk mengatur tampilan dan slide sorter untuk menjalankan slide. Lembar presentasi merupakan daerah yang digunakan untuk membuat presentasi, sedangkan Taskpane merupakan langkah – langkah lanjutan dari beberapa perintah menu.

B. MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU, TOOLS DAN IKON

   Seperti halnya menu – menu lain dalam microssoft, menu pada powerpoint merupakan kumpulan perintah semua sisitem operasi. Menu dalam powerpoint terdiri atas tiga macam, yaitu menu pokok, menu cascading dan menu pop up. Menu pokok merupakan menu standar semua program komputer. Ada 9 menu pokok meliputi: File, Edit, View, Insert, format, tools, slide show, windows dan help. Dalam menu menu itu jika di klik terdapat menu lanjutan atau sub menu atau menu puldown

1. Menu file berfungsi untuk membuka lembar presentasi yang baru, membuka yang telah atau pernah dibuat, menutup, menyimpan, mengatur lembar presentasi, mencetak, dan sebagainya.

2. Menu edit secara umum digunakan untuk mengedit dan memperbaiki lembar presentasi, seperti membatalkan perintah, memotong, menduplikasi lembar presentasi, menghapus slide dan sebagainya.

3. Menu View digunakan  untuk mengatur tampilan lembar presentasi dan menjalankan lembar presentasi

4. Menu insert digunakan untuk menyisipkan sesuatu pada lembar presentasi .

5. Menu format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan teks, spasi dan latar belakang slide

6. Menu tools digunakan untuk memperbaiki ejaan

7. Menu slide show digunakan untuk menjalankan slide, membuat animasi dan mengatur jalannya slide

8. Menu window digunakan untuk mengatur beberapa lembar presentasi sekaligus di layar

9. Menu Help digunakan untuk mencari bantuan operasional meliputi: Microssoft Powerpoint help, show the office assistan dan lain – lain

C. MENU TOOLS

   Ada tiga macam tools menu yang akan di bahas yaitu :

  Tools menu standard merupakan tools menu yang digunakan untuk operasional vital, seperti membuka lembar presentasi, menyimpan, menggandakan dan sebagainya
Tools menu formating digunakan untuk memformat jenis font dan ukurannya.

   Tools menu standar merupakan icon drawing , jika icon ini diklik maka akan muncul menu drawing.
Dan cari informasi melalui buku powerpoint.

MEMBUAT PRESENTASI

   Dalam membuat presentasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu : sederhana, menarik dan jelas. Sederhana dalam arti slide hanya memuat hal – hal pokok dan tidak perlu menuliskan secara mendetail, karena audiens diharapkan masih mendengarkan penjelasan sambil menikmati tampilan slide dan tidak asyik sibuk membaca dan mencatat isi slide.

   Hal kedua, yaitu menarik artinya slide harus di desain sedemikian rupa sehingga menarik untuk dinikmati. Dalam hal ini tidak dianjurkan membuat slide dengan banyak warna dan gambar, sebab dengan bayak gambar dapat mengganggu isi slide yang sebenarnya.

   Prinsip yang ketiga, yaitu jelas maksud dari slide dapat dilihat dengan jelas oleh semua peserta atau audiens presentasi, sehingga mereka tidak terganggu dengan tulisan – tul;isan yang kabur, terlalu banyak, dan sebagainya. Biasanya slide, yang baik memiliki jumlah kata dalam baris tidak lebih dari 10 kata dan 7 baris, lebih dai itu maka tulisan menjadi tidak jelas.

   Setelah mengetahui prinsip – prinsip dasar pembuatan slide, selanjutnya akan dijelaskan cara membuat slide dan menerapkan prinsip – prinsip tersebut ke dalam lembar presentasi. Ada beberapa cara untuk membuat lembar presentasi, salah satunya menggunakan template. Template digunakan untuk membuat lembar presentasi sesuai dengan selera pembuat dan juga dapat menggunakan pola yang sudah disiapkan komputer, yaitu Auto Content Wizard.

TEMPLATE

   Membuat lembar presentasi dengan template merupakan cara membuat lembar presentasi dengan latar belakang dan format yang disediakan oleh Powerpoint. untuklangkah – langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

1. Klik menu file

2. Pilih dan klik New,m maka akan muncul Task Pane

3. Pilih From Design Template pada task pane, maka akan muncul beberapa pilihan latar belakang.

4. Pilih salah satu latar belakang yng Anda inginkan

Ada beberapa pilihan penggunaan yaitu :

a. Aplly to all slides, untuk memberi latar belakang gambar yang dipilih pada semua slide

b. Aplply to selected slide, untuk memberi latar belakang pada halaman slide yang aktif

c. Show Large Previews, untuk menampilkan contoh latar slide tampil lebih besar

   Untuk mengisi slide caranya Klik pada daerah border (garis putus – putus). Untuk lebih jelasnya ikuti lanjutan perintah berikut ini :

5. Pilih aplly to all slide

6. Klik pada place holder (click to add title) dan ketik TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)

7. Klik pada click to add subtitle dan ketik KELAS XII SMA.

   Sekarang kita sudah memiliki slide
Jika kita sudah membuat slide maka untuk membuat slide halaman berikutnya langkah – langkahnya adalah :

8. Klik menu insert

9. Pilih dan klik New Slide

   Lakukan langkah 8 dan 9 beberapa kali sehingga muncul beberapa slide baru di bawahnya. Setelah itu, lanjutkan ke langkah 10 untuk mengatur jenis tampilan, apakah ingin menggunakan bullet, gambar dan sebagainya.

10. Pilih dan klik salah satu tampilan yang diinginkan pada task panel

11. Ketik isinya.

   Setelah selesai, simpan lembaran – lembaran slide presentasi dengan nama Presentasi-1, caranya :

12. Klik menu file

13. Pilih dan klik save

14. Ketik presentasi-1

15. Klik save

   Pada title bar nama file menjadi Presentasi-1

   Menu dan ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai fungsi dari setiap menu tersebut.

1. File

   Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.

Fungsi Menu File :

- New : Untuk membuat lembar kerja baru

- Open : Untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat

- Close : Untuk menutup file yang sudah sedang aktif

- Save : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.

- Save as : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.   

- Save as Web Page : Untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.

- Search : Untuk mencari file atau nama file

- Versions : Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan.

- Web Page Preview : Untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.

- Page Setup : Untuk menentukan margin dan ukuran kertas.

- Print Preview : Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak

- Print : Untuk mencetak dokumen yang kita buat

- Send to : Untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint

- Properties : Untuk menampilakn informasi tentang dokumen yang aktif

- Exit Untuk : keluar dari program Microsoft Office

2. Edit

   Menu Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan dengan cara menambah, menghapus, memotong, menyalin, membatalkan, mengatur pemunculan objek, dan lain-lain. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Edit.

Fungsi Menu Edit :

- Undo : Untuk membatalkan perintah terakhir

- Repeat : Untuk membatalkan Undo

- Cut : Untuk memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain.

- Copy : Untuk meng-copy atau menyalin suatu objek ke dalam clipboard atau dokumen lain.

- Office Clipboard : Untuk mengatur pemunculan objek dari clipboard

- Paste : Untuk memunculkan suatu objek dari dalam clipboard atau dokumen lain.

- Paste Special : Paste dengan kriteria tertentu

- Paste as Hyperlink : Untuk memunculkan objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau berada di tempat yang berbeda.

- Clear : Untuk menghapus format atau objek yang dipilih.

- Select All : Untuk memilih/memberi tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja

- Find : untuk mencari mencari kata yang dikehendaki

- Replace : untuk mengganti kata

- Go to : untuk berpindah halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain.

- Links : untuk membentuk hubungan

- Object : untuk mengedit object

3. View

   Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.

Fungsi Menu View :

- Normal : untuk menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standar (default)

- Web Layout : untuk menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser.

- Print Layout : Untuk menampilkan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan mencetak.

- Outline : untuk memindahkan tampilan editing dokumen kita ke tampilan outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik.

- Task Pane : untuk menampilkan Task Pane

- Toolbars : untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar-toolbar yang dikehendaki

- Ruler : untuk menampilkan dan menyembunyikan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja

- Document Map : merupakan layar vertikal yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan letak/posisi dokumen kita sekarang.

- Header and Footer : untuk membuat header dan footer

- Footnotes : untuk membuat catatan kaki

- Markup : untuk memunculkan atau menyembunyikan komentar

- Full Screen : untuk menggunakan tampilan layar menjadi tampilan penuh layar

- Zoom : untuk memperbesar tampilan

4. Insert

   Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objeck, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu insert.

Fungsi Menu Insert :

- Break : untuk menentukan jenis perpindahan

- Page Number : untuk memberi nomor halaman

- Date and Time : untuk menyisipkan tanggal

- Auto Text : untuk menyisipkan teks

- Field : untuk menyisipkan field

- Symbol : untuk menyisipkan simbol

- Comment : untuk menyisipkan komentar dan catatan

- Reference : untuk menyisipkan footnote, caption, cross reference, dan index

- Web Component : komponen dari web

- Picture : untuk menyisipkan gambar

- Diagram : untuk menyisipkan diagram

- Text Box : untuk menyisipkan text box

- File : untuk menyisipkan file

- Object : untuk menyisipkan objek

- Bookmark : untuk menyisipkan bookmark

- Hyperlink : teks atau grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML

5. Format

   Menu Format berfungsi untuk menentukan jenis huruf, paragraf, memberikan penomoran, membuat jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi menu format, berikut berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu format.

Fungsi Menu Format :

- Font : untuk menentukan jenis huruf dan atributnya.

- Paragraph : untuk menentukan jenis paragraf

- Bullet and Numbering : untuk memberikan bullet dan penomoran

- Border and Shading : untuk memberikan bingkai dan arsiran

- Columns : untuk membuat jenis columns

- Tabs : untuk menentukan batas tabulasi

- Drop Cap : untuk memberikan efek drop cap

- Text Direction : untuk mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik.

- Change case : untuk mengatur huruf besar dan kecil

- Background : untuk memberikan warna latar belakang dokument yang dikerjakan

- Theme : untuk mengatur format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen, dan pesan email.

- Frame : untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkan di sebelah kiri halaman frame.

- Auto Format : untuk mengubah format menjadi format dokumen atau surat

- Styles and Formating : untuk mengubah style dan format

- Reveal and Formating : untuk menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks.

- Object : untuk memformat object

6. Tools

   Menu Tools berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki, menghitung banyak kata atau karakter, memproteksi dokumen, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Tools berikut ini.

Fungsi Menu Tools :

- Spelling and Grammar : untuk memeriksa ejaan

- Language : untuk memeriksa ejaan

- File Broken Text : untuk mengatur dan menyusun text yang berantakan atau tak beraturan (fasilitas ini terdapat dalam Microsoft Word Window XP)

- Word count : untuk menghitung banyaknya kata, paragraf, baris, karakter, dan halaman

- Auto Summarize : untuk merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen

- Speech : untuk mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal oleh Microsoft Office

- Track Change : untuk menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat kembali.

- Compare and Merge Document : untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen

- Protect Document : untuk memproteksi dokumen

- Online Collaboration : untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net meeting.

- Letters and Mailing : untuk membuat surat dan label

- Tools on the Web : untuk melihat fungsi tools secara online

- Macro : untuk membuat macro

- Template and Add-Ins : untuk membuat templates

- Auto Correct Options : untuk membuat autocorrect

- Customize : untuk melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key

- Options : untuk memodifikasi setting program dari Microsoft Office

7. Table

   Menu Table berfungsi untuk membuat tabel, menyisip tabel dalam teks dokumen, mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan tabel. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Table berikut ini.

Fungsi Menu Table :

- Draw Table : untuk menggambar tabel

- Insert : untuk menyisipkan tabel, kolom, baris, atau sel

- Delete : untuk menghapus table, kolom, baris, atau sel

- Select : untuk menyeleksi tabel, kolom, baris, atau sel

- Merge Cells : untuk menggabungkan sel-sel terpilih

- Split Cells : untuk membagi sel kolom pada tabel menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil

- Split Table : untuk memisahkan tabel

- Table auto Format : untuk membuat format tabel secara otomatis

- Autofit : untuk menyesuaikan lebar kolom pada tabel dengan lebar window secara otomatis

- Heading Rows Repeat : untuk menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang diulang pada halaman selanjutnya.

- Convert : untuk mengkonversi bentuk teks ke bentuk tabel atau sebaliknya

- Sort : untuk mengurutkan data

- Formula : untuk memberikan formula (perhitungan matematika)

- Show Gridlines : untuk memunculkan atau menyembunyikan garis bantu

- Table Properties : untuk menampilkan properties untuk tabel

8. Window

   Menu Window berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif dan melihat dokumen yang sedang aktif. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Window berikut ini.

Fungsi Menu Window :

- New Window : untuk membuka jendela baru

- Arrange All : untuk menyusun semua jendela yang aktif

- Split : untuk membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian

- 1 Document2 : untuk melihat seluruh dokumen yang aktif

9. Help

   Salah satu fungsi Menu Help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang dihadapi pada saar menggunakan fasilitas Microsoft Word, termasuk informasi mengenai suatu  ikon. Untuk lebih jelasnya perhatikan fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Help berikut ini.

Fungsi Menu Help :

- Microsoft Word Help : untuk memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan masalah.

- Show the Office Assistant : untuk menampilkan atau menyembunyikan office assistant

- What’s This : untuk meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk

- Office on the Web : untuk meminta informasi terkini dari office web site

- Activate Product : untuk memunculkan Activate Product

- Word Perfect Help : untuk memberikan informasi bagi pemakai Word Perfect

- Detect and Repair : untuk mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis

- About Microsoft Word : untuk menampilkan informasi mengenai program Microsoft Word yang kita gunakan.

   Dari artikel tentang powerpoint ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran tiknya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment