Home » , » Pasar Keuangan

Pasar Keuangan

Written By Akmal AZB on Thursday 9 March 2017 | 23:15

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang pasar keuangan dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertiannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

Pasar Keuangan

-Pasar uang adalah pasar atau tempat dimana kegiatan permintaan dan penawaran dana-dana berupa surat-surat berharga dengan jangk waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun bertemu.

- Dana-dana tersebut antara lain berasal dari :

> Kelebihan uang kas dari BUMN

> Kelebihan uang kas dari bank-bank

> Kelebihan uang kas dari perusahaan yang belum digunakan

- Surat-surat berharga sebagaimana diperjualbelikan di Indonesia antara lain :

> SBI (Sertifikat Bank Indonesia)

> SBPU (Surat Berharga Pasar Uang)

> Sertifikat Deposito

> Commercial Paper

> Call Money

> Repurchase Agreement (repo)

> Banker’s Acceptance

- Fungsi pasar uang adalah sebagai sarana alternatif bagi lembaga-lembaga keuangan, perusahaan-perusahaan keuangan dan peserta lainnya dalam memenuhi kebutuhan dana jangka pendek maupun menempatkan dana lebih.

- Lembaga-lembaga keuangan sebagai mana terlibat dalam pasar uang tersebut antara lain terdiri dari bank-bank, lembaga dana pensiun, dan perusahan asuransi.

- Melalui pasar uang, dana-dana berlebih pada suatu bank atau perusahaan dapat menjadi produktif sehingga tidak terjadi uang menganggur (idle money).

- Sebagai suatu sistem, pasar uang memiliki kelebihan dan kelemahan. Salah satu kelebihan tersebut adalah pasar uang sebagai alternatif pembiayaan, dapat memberikan dana tunai dengan segera bagi pihak yang membutuhkan dana atau uang tunai sesegera mungkin.

- Sementara itu, bagi pihak yang memiliki kelebihan dana dapat menggunakan pasar uang untuk memprouktifkan dananya. Meskipun demikian bagi perusahaan yang sudah parah kondisinya akan kesulitan untuk mengembalikan pinjaman dana dipasar uang ini.

- Pasar modal sering kali diartikan sama dengan pasar uang. Padahal kedua pasar tersebut berbeda. Pada pasar modal yang diperjualbelikan adalah dana-dana jangka panjang, antara lain saham, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.

- Pada pasar modal, pihak yang menawarkan dana jangka panjang antara lain surat bukti utang jangka panjang, surat tanda penyertaan modal, bertemu dengan pihak yang memerlukan dan jangka panjang.

- Para pelaku dan penunjang pasar modal :

> Perusahaan efek

> Reksa Dana

- Lembaga-lembaga penunjang pasar modal adalah sebagai berikut :

> Biro Administrasi Efek (BAE)

> Kustodian

> Wali Amanat

> Pemeringkat Efek

- Manfaat pasar modal

   Secara umum peranan pasar modal mencakup dua hal, pertama sebagai tempat bertemu untuk memperoleh informasi tentang keadaan pasar efek. Kedua sebagai tempat dan alat untuk mengetahui situasi pinjaman jangka panjang.

- Lebih jauh, peningkatan volume transaksi dan jumlah perusahaan yang aktif di lantai bursa mengindikasikan 3 hal sebagai berikut :

> Perekonomian nasional semakin membaik

> Peningkatan daya beli masyarakat
Laju pertumbuhan ekonomi akan meningkat

- Pasar modal juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Salah satu kelebihan utama pasar modal adalah sebagai sumber pendanaan usaha jangka panjang. Sementara itu bagi pemilik modal atau investor, pasar modal menyediakan investasi yang beragam.

- Selain itu pasar modal juga dapat dijadikan sebagai indikator perkembangan ekonomi sebuah negara serta sarana penyaluran kepemilikan perusahaan untuk mendorong iklim usaha yang sehat.

- Meskipun demikian kesulitan akan muncul bagi pihak-pihak yang tidak mengetahui mekanisme pasar modal. Selain itu pengaruh ketidakstabilan kurs pada fluktuasi harga saham, serta spekulasi oleh investor seringkali terjadi dan kadang merugikan.

Dari artikel tentang pasar keuangan ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran ekonominya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads