Home » , » Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup

Written By Akmal AZB on Sunday 5 March 2017 | 20:50

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang lingkungan hidup dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertian, unsur-unsur, contoh, kerusakan, dan upaya pelestarian lingkungannya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

Pengertian Lingkungan Hidup (Unsur, Contoh, Kerusakan, dan Upaya Pelestarian Lingkungan)

   Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah bagian dari komponen penyusun lingkungan hidup kita yang satu sama lain saling mempengaruhi. Dalam hal ini, manusia mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap lingkungan.

Kita dapat mengetahui pengaruh ini dari banyaknya kegiatan manusia dalam mengeksploitasi mengeksplorasi alam baik itu dari sisi penggalian ilmu pengetahuan, dana, atau pengembangan teknologi yang manusia miliki.

   Manusia mempunyai pengetahuan dan teknologi, ini memberikan keuntungan tersendiri dalam mempertahankan diri dan juga beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, kita mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan komponen penyusun lain dari lingkungan ini seperti hewan dan tumbuhan agar kehidupan tetap seimbang.

Pengertian Lingkungan Hidup secara Umum

   Jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, pengertian lingkungan hidup secara umum berarti merupakan kesatuan dari beberapa lingkup ruang dimana lingkungan tersebut terisi dengan segala makhluk hidup serta benda-benda mati yang berada di dalam lingkup lingkungan tersebut dan itu juga termasuk manusia beserta adab perilakunya.

   Jadi bisa disimpulkan bahwa bukan hanya lingkungan secara fisik saja yang merupakan lingkungan. Lingkungan hidup juga mencakup sebuah ekosistem, perilaku sosial, adat istiada dan budaya, bahkan juga unsur benda mati seperti tanah, api, air, dan udara yang ada pada lingkungan tersebut.

   Kita sebagai manusia yang merupakan makhluk berakal mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup di bumi ini. Maka dari itulah kita sebagai manusia harus mempunyai kesadaran akan menjaga keseimbangan dan pelestarian lingkungan hidup ini.

Unsur Unsur Penyusun Lingkungan Hidup

   Seperti yang telah dibahas diatas bahwa lingkungan hidup itu terdiri atas berbagai kumpulan dari setiap interaksi dari berbagai unsur yang ada terkandung pada suatu lingkungan. Unsur unsur penyusun lingkungan hidup tersebut sebenarnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu unsur biotik, unsur abiotik, dan unsur sosial budaya.

- Unsur Lingkungan Hidup Biotik

   Sesuai namanya, unsur lingkungan hidup Biotik adalah unsur atau komponen yang tersusun dari berbagai macam makhluk hidup bernyawa yang ada di muka bumi ini atau pada lingkungan tertentu sebagai contoh kecilnya. Contoh dari lingkungan hidup biotik adalah seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di suatu lingkungan.

- Unsur Lingkungan Hidup Abiotik (Non Biotik)

   Sedangkan untuk lingkungan hidup non biotik adalah sebuah tempat atau kondisi pada suatu lingkungan yang menjadikannya sebagai penyusun bentuk untuk mendukung terjadinya suatu yang dinamakan lingkungan. Contohnya adalah seperti air, tanah, udara, bebatuan, dan benda mati lainnya.

- Unsur Lingkungan Hidup Sosial Budaya

   Terakhir adalah unsur sosial budaya. Unsur ini merupakan unsur yang terbentuk dari aktivitas sosial dan kebudayaan yang dilakukan oleh manusia dan tersusun membentuk sebuah sistem yang terdiri dari nilai, gagasan, dan juga keyakinan atas perilaku sebagai makhluk sosial.

   Termasuk unsur sosial budaya adalah perilaku, adat istiadat, dan berbagai hasil penemuan yang ditemukan manusia di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai seperti misalkan kebun binatang atau suaka marga satwa yang merupakan hasil pengembangan dari hutan buatan manusia.

- Undang-undang Pengelolaan Lingkungan Hidup

   Sedangkan di dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 yang mengulas tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan ruang benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup adalah segala hal yang berada pada sekitar kita dan mempunyai perilaku yang berpengaruh baik terhadap kehidupan manusia secara langsung ataupun tidak langsung ataupun berpengaruh terhadap makhluk hidup lain.

Semua unsur yang ada memerlukan keseimbangan dalam pelaksanaannya. Karena jika tidak, unsur tersebut akan menjadi sebuah bencana bagi keberlangsungan lingkungan hidup ini.

Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli

   Selain dua pengertian diatas, ada lagi pengertian tentang lingkungan hidup yang diambil dari para pakar lingkungan. Diantaranya adalah :

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Emil Salim

   Emil Salim. Lingkungan hidup adalah semua benda, keadaan, kondisi, dan juga pengaruh yang berada dalam ruangan yang sedang kita tempati dan itu mempengaruhi kehidupan sekitar baik itu hewan, tumbuhan, dan juga manusia.

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Otto Soemarwoto

   Otto Soemarwoto. Lingkungan hidup adalah semua benda dan juga kondisi yang berada di dalam ruangan yang sedang kita tempati dan mempengaruhi kehidupan kita.

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Sambas Wirakusumah

   Sambas Wirakusumah. Lingkungan hidup adalah semua hal yang mencakup aspek eksternal biologis, dimana organism yang hidup dan ilmu lingkungan menjadi tempat belajar aspek lingkungan organism tersebut.

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Bintarto

   Bintarto. Lingkungan hidup adalah segalah hal yang berada di lingkungan kita. Baik itu benda ataupun makhluk hidup yang dapat terpengaruh oleh setiap aktivitas yang kita lakukan.

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Soedjono

   Soedjono. Lingkungan hidup adalah unsur fisik atau jasmani yang berada di alam dan mencakup makhluk hidup sekitar seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

- Pengertian Lingkungan Hidup menurut Para Ahli : Munadjat Danu Saputra

   Munadjat Danu Saputra. Lingkungan hidup adalah setiap benda yang ada di dunia ini beserta kondisinya dimana di dalamnya termasuk manusia dan segala tingkah perbuatannya, yang terkumpul dalam satu ruang dimana manusia berada dan itu mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup lainnya seperti manusia, hewan, dan juga tumbuhan.

Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup di Bumi

   Lingkungan hidup terbagi menjadi dua macam. Yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Di dalam dua macam lingkungan tersebut terdapat banyak ekosistem dan berbagai macam kehidupan.

- Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup Alami

   Lingkungan hidup alami adalah lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Terdiri dari berbagai sumber dari alam juga ekosistem beserta komponen-komponen di dalamnya, baik berupa fisik dan biologis. Lingkungan hidup alami ini terbentuk secara dinamis karena memiliki tingkat keberagaman atau heterogenitas makhluk hidup dan organism yang sangat tinggi.

   Lingkungan hidup alami terdiri dari dua jenis ekosistem dalam pembentukannya. Yaitu lingkungan darat dan lingkungan laut. Contoh-contoh lingkungan hidup dari alam diantaranya adalah.

- Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup dari Darat :

~ Bukit

~ Gunung

~ Lembah

~ Padang Rumput, dan

~ Hutan

- Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup Laut :

~ Laut

~ Sungai

~ Pantai

~ Danau, dan

~ Rawa

   Di setiap bentuk lingkungan tersebut diatas mempunyai ciri-ciri yang menjadi khas tersendiri bagi setiap kehidupannya. Baik itu makhluk hidup atau benda mati yang menjadi penyusunnya.

- Contoh Macam Macam Lingkungan Hidup Buatan atau Binaan

   Lingkungan hidup buatan adalah sebuah lingkungan yang terbentuk diakibatkan campur tangan manusia. Lingkungan ini sengaja dibuat oleh manusia dengan dukungan teknologi yang mereka miliki, baik itu teknologi yang sederhana ataupun modern untuk membentuk lingkungan baru untuk ditempati.

   Ciri-ciri dari lingkungan hidup buatan salah satunya adalah bentuknya yang hanya satu jenis saja alias kurang punya keanekaragaman. Dan kebanyakan dibuat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

   Contoh dari lingkungan hidup buatan adalah :

~ Perkampungan

~ Jalan

~ Pasar

~ Sekolah

~ Taman

~ Kolam

~ Sawah

~ Kebun

~ Waduk, dan

~ Kawasan Industri

   Lingkungan tersebut terbentuk dari setiap aktivitas manusia. Sehingga terciptalah suatu ekosistem makhluk hidup buatan.

Lingkungan Hidup dan Upaya Pelestarian yang Diupayakan

   Lingkungan hidup harus selalu kita jaga keseimbangannya agar kehidupan di bumi ini tidak binasa. Menjaga kelestarian lingkungan juga bukan hanya tugas pemerintah atau organisasi-organisasi lingkungan hidup saja, tetapi kita manusia sebagai bagian makhluk hidup juga berkewajiban melestarikan alam sekitar kita ini.

   Bagaimana caranya? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan mulai dari cara sederhana sampai cara yang membutuhkan waktu dan tenaga. Cara untuk melestarikan lingkungan hidup tersebut diantaranya :

~ Biasakan untuk memelihara kebersihan di lingkungan sekitar kita,

~ Hargai keanekaragaman hayati dengan melakukan reboisasi,

~ Tanggulangi masalah pencemaran,

~ Lestarikan tanah sekitar dengan tidak membuang sampah an-organik sembarangan,

~ Lestarikan udara sekitar dengan tidak sering menggunakan alat-alat bermotor,

~ Meminimalisir pembuangan gas karbon,

~ Mencegah dan melarang penebangan hutan sembarangan,

~ Terapkan selalu tebang pilih pada penebangan pohon di sekitar kita ataupun di hutan,

~ Melestarikan ekosistem laut dan pantai,

~ Lakukan reklamasi pantai dengan melestarikan hutan bakau,

~ Cegah dan larang pencurian batu karang di sekitar pantai atau batu karang di lautan lepas,

~ Jangan menggunakan bahan peledak ataupun racun/bahan kimia saat melakukan penangkapan ikan,

~ Tidak menggunakan pukat harimau saat mencari ikan di laut,

~ Membuat dan melestarikan cagar alam dan juga margasatwa, dan
Mencegah dan melarang aksi perburuan hewan liar di lingkungan sekitar.

- Contoh Macam Macam Dampak dan Penyebab Kerusakan Lingkungan Hidup

   Kerusakan lingkungan hidup adalah deteorisasi lingkungan. Biasanya ditandai dengan hilangnya sumber daya di sebuah lingkungan seperti tanah, air, udara, dan musnahnya makhluk hidup yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut sehingga terjadi kerusakan lingkungan.

   Kerusakan lingkungan hidup seperti ini merupakan hal yang sangat berbahaya dalam keberlangsungan hidup makhluk hidup lain terutama manusia. Ada dua faktor kerusakan terhadap lingkungan hidup dengan sebab yang berbeda. Diantaranya adalah :

- Contoh Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Gejala Alam

   Kerusakan lingkungan hidup yang terjadi diakibatkan oleh alam itu sendiri. Peristiwa alam yang terlalu hebat membuat alam di sekitarnya terkena dampak yang signifikan. Dengan begitu berakibat goyahnya keseimbangan lingkungan hidup.

   Beberapa contoh kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh alam diantaranya adalah :

1. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Gunung Meletus.

   Pada saat bencana gunung meletus ini terjadi, gunung menyemburkan lava, lahar, dan beberapa material padat lain yang berasal dari dalam bumi. Materal ini juga terbagi menjadi beberapa sifat seperti beruap, panas, dan membawa debu-debu vulkanis yang buruk bagi makhluk hidup.

   Akibatnya, banyak lingkungan hidup yang berada di sekitarnya juga di daerah-daerah yang dilalui oleh lahar, debu, dan lava ini menjadi mati. Sedangkan tanah yang menjadi sumber unsur hara kehidupan makhluk hidup menjadi rusak dan terbawa aliran lahar.

2. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Gempa Bumi dan Tsunami.

   Gempa bumi ialah sebuah bencana alam yang terjadi akibat pergerakan tanah pada lapisan endogen. Semakin jauh jarak pergeseran yang terjadi, semakin besar gempa yang terjadi pada permukaan tanah.

   Hal ini menyebabkan kerusakan yang sangat parah di permukaan bumi bagi setiap makhluk hidup. Dan jika pergerakan pergeseran lapisan endogen bumi ini berada di bawah permukaan laut, yang terjadi adalah bencana tsunami.

   Akibat yang ditimbulkan dari bencana tsunami juga tak kalah hebatnya dari bencana gempa bumi itu sendiri. Karena lingkungan hidup yang berada di laut maupun yang berada di daratan akan terkena dampak kerusakannya.

   Angin ribut atau lebih ringkas disebut badai biasanya terjadi diakibatkan perbedaan tekanan yang sangat mencolok pada suatu daerah, biasanya di daerah yang jauh dari daerah pegunungan.

   Perbedaan ini menyebabkan angin bertiup lebih kencang daripada biasanya hingga menyebabkan timbulnya putaran angin di satu titik dan terjadilah badai.

   Bencana ini mengganggu aktivitas makhluk hidup yang tinggal di tempat tersebut, merusak tanaman, bangunan, prasarana umum, dan juga mengganggu penerbangan.

3. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Tanah Longsor

   Bencana ini sebenarnya masih bisa dikategorikan kerusakan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia, namun juga banyak diantaranya dikarenakan oleh alam itu sendiri.

   Bencana ini biasanya diakibatkan kerusakan struktur tanah yang ada pada lingkungan tersebut, minimnya tanaman, dan juga angin yang mengikis terlalu dalam pada daerah perbukitan.

   Akibatnya, akan banyak tanaman yang masih baru, tempat tinggal hewan yang berada di sekitarnya, dan juga segala prasarana dan aktivitas manusia menjadi rusak dan terganggu.

4. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Banjir

   Banjir juga merupakan salah satu kerusakan yang bisa disebabkan baik oleh perilaku manusia, ataupun murni karena dari alam itu sendiri.

   Banjir yang murni biasanya terjadi akibat tanah dan tanaman yang sudah lelah untuk menyerap dan menampung air yang ada. Biasanya terjadi pada saat musim penghujan yang terlalu lebat dan datang terus-menerus.

   Tetapi untuk banjir yang disebabkan manusia, bisa terjadi walaupun hujan yang mengguyur lingkungan tersebut tidak terlalu lebat. Ini biasanya disebabkan karena minimnya tanaman akibat penggundulan hutan dan buruknya kualitas tanah yang yang berguna sebagai daerah resapan air.

   Hal ini menyebabkan rusaknya tanaman, hancurnya habitat di tempat tersebut, dan juga rusaknya sarana prasarana manusia yang ada di sekitarnya.

5. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Kemarau Panjang

   Berbeda jauh dengan kondisi saat kerusakan lingkungan tersebut terjadi karena banjir. Kemarau yang berkepanjangan terjadi diakibatkan penyimpangan iklim, dimana musim kemarau yang terjadi di suatu daerah tersebut terjadi lebih lama daripada biasanya.

   Akibat dari bencana ini adalah hilangnya sumber mata air bagi kehidupan di lingkungan tersebut. Akan banyak makhluk hidup yang mati karena kekurangan air, dan juga bisa mengakibatkan kebakaran tanaman karena terlalu panasnya sinar matahari yang sampai ke bumi.

   Manusia juga tidak bisa melakukan pencegahan jika ini terjadi. Akibat dari meletusnya gunung berapi tersebut bisa menyebabkan banyak hal yang dapat merusak alam di sekitarnya. Misalnya saja kerusakan pertanian, perumahan, hutan, dan lingkungan yang berada dekat dengan daerah letusan gunung.

- Contoh Macam Macam Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Aktivitas Manusia

   Manusia merupakan makhluk tertinggi di puncak ekosistem ala mini. Hal ini tentunya membuat manusia mendominasi hamper di semua aspek kehidupan. Sayangnya beberapa manusia mempunyai sifat yang buruk seperti keserakahan terhadap alam ini.

   Hal ini menjadikan manusia mengeksploitasi alam ini secara berlebihan dengan berbagai cara tanpa melihat efek yang di akibatkan selanjutnya.

   Saat memanfaatkan lingkungan hidup di sekitar kita, kadang kita sebagai manusia tidak memperdulikan alam dan mengabaikan dampak yang diakibatkan oleh aktivitas kita tersebut. Sehingga lama kelamaan terjadilah suatu yang tidak kita inginkan, yaitu kerusakan lingkungan hidup ini.

   Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, alangkah baiknya kita mengetahui tentang macam-macam kerusakan lingkungan tersebut beserta sebab dan akibat yang ditimbulkan.

   Beberapa kerusakan lingkungan hidup tersebut diantaranya adalah :

a. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Pencemaran Udara

b. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Pencemaran Tanah

c. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Pencemaran Air

d. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup akibat Pencemaran Suara

e. Penyebab dan Dampak Kerusakan Lingkungan akibat Degradasi Lahan

Degradasi lahan adalah kerusakan lingkungan yang ditandai dengan menyusutnya daya dukung lingkungan untuk keberlangsungan kehidupan. Hal ini biasanya disebabkan karena pemanfaatan lingkungan yang tidak mempedulikan keseimbangan lingkungan tersebut.

Contoh diantaranya adalah eksploitasi ikan di lautan, penebangan pohon secara liar, penggunaat pukat harimau, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan populasi di suatu lingkungan menjadi punah, rusaknya suatu habitat, dan banyak yang lain.

   Dari artikel tentang lingkungan hidup ini semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran sosiloginya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads