Home » , » Kaidah-Kaidah Ushul Fikih

Kaidah-Kaidah Ushul Fikih

Written By Akmal AZB on Wednesday, 8 March 2017 | 23:18

   Hai selamat datang di blog kami. Bertemu lagi dengan saya. Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang kaidah-kaidah ushul fikih dengan jelas dan padat. Tentu saja agar kawan-kawan bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

   Dari materi ini saya akan menjelaskan dari pengertian, macam-macam dan hukunnya. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung saha simak materinya dibawah ini. Let's go!!!

KAIDAH-KADIAH USHUL FIKIH

A.    AMAR DAN NAHI

1.      Pengertian ‘Amr

لفظ يطلب به الأعلى ممن هو أدنى منـه فعــلا من غير كــف      

   ‘Amr adalah lafaz yang digunakan oleh orang yang lebih tinggi kepada orang yang lebih rendah derajatnya untuk melakukan suatu perbuatan yang tidak dapat ditolak.

2.      Bentuk-Bentuk ‘Amr

- Fi’il ‘amr, seperti : أقيموا الصلاة وآتوا الزكاة  

- Fi’il mudhari diawali dengan lam ‘amr, seperti : ولتكـن منكم أمة يدعـون إلى الخير    

- Isim fi’il ‘amr, seperti :ياأيها الذين آمنوا عليـكم أنـفســكم    

- Masdar pengganti fi’il, seperti :وبـالـوالـدين إحســـانـا  

   Jumlah khabariyah/kalimat berita, seperti :والمطلـقـات يتربصن بأنفسـهن ثلاثة قـروء

   Kata-kata yang mengandung makna perintah, seperti :أمـر- كتب – فـرض 

3.      Kaidah-kaidah ‘Amr, seperti :

Kaidah pertama :

الأصل فى الأمـر للـوجــوب ولا تدل على غيره إلا بقرينـة       

   Lafaz ‘amr dapat dimaksudkan bukan wajib, antara sebagai berikut:

1)      Nadb/sunnah/anjuran, seperti :فكاتبوهم إن علمتم فيهـم خـيرا 

2)      Irsyad/bimbingan/memberi petunjuk, seperti :وأشـهدوا إذا تبايعتم 

3)      Tahdid/ancaman/hardikan, seperti :إعمـلوا ما شئتـم    

4)      Ibahah, seperti : كلوا واشربوا من رزق الله

5)      Taskhir/menghina/merendahkan derajat, seperti :كـونـوا قردة خاشعـين

6)      Ta’jiz/menunjukkan kelemahan lawan bicara, seperti :فـأتوا بسورة من مثــله

7)      Taswiyah/sama antara dikerjaka atau tidak, seperti :فاصبروا أو لاتصبروا سواء عليكم

8)      Takzib/mendustakan, seperti :قل هاتوا برهانكم إن كنتم صادقــين

9)      Talhif/membuat sedih, seperti :قل مـوتـوا بـغيـظكم 

10)  Doa/permohonan, seperti :ربنا آتنـا فى الدنيا حسنــــة

Kaidah kedua : الأمــر بعــد النــهي يفيـــد الإبـاحــة

Kaidah ketiga :الأصــل فى الأمـــر لا يقتــضى الـفـــور 

Kaidah keempat :الأصل فى الأمـــر لا يقتـضى التــكــرار

Kaidah kelima :الأمــر بالشــيئ أمـــر بـوســـائـله

4.      Pengertian Nahi

النهي هو طلب التـرك من الأعـــلى إلى الأدنــــى    
             
   Nahi adalah tuntutan meninggalkan sesuatu yang datangnya dari orang yang lebih tinggi tingkatannya kepada orang yang lebih rendah tingkatannya.

5.      Bentuk-bentuk nahi

   Fi’il mudhari’ yang diawali la nahiyah, seperti;   لا تـفسـدوا فى الأرض   
Lafaz-lafaz yang bermakna haram atau perintah meninggalkan suatu perbuatan, seperti;وأحـــل الله البــــيع وحـــــــــــرم الــــــــــربـا        

6.      Kaidah-kaidah Nahi

Kaidah pertama :

الأصـــل فى النـهي للـتحــــريم    
              
   Shigat nahi selain menunjukkan haram, juga menunjukkan beberapa maksud sesuai dengan qarinah yang menunjukkannya, antara lain sebagai berikut :

1)      Karahah, seperti :ولا تصلوا فى أعطان الإبـــل  

2)      Doa, seperti :ربنا لا تـؤاخـذنـا إن نسيـنـا أو أخطـأنـا  

3)      Irsyad/memberi petunjuk/bimbingan, seperti :ياأيهاالذين آمنوا لاتسئلوا عن أشيا إن تبد لكم تـســؤكم

4)      Tahqir/menghina, seperti :لا تمدن عينيـك إلى مامتـعنـا به أزواجا منهم  

5)      Bayan al-‘aqibah, seperti :ولا تحسبن الـذين قتـلوا فى سبيـل الله أمـــوتـا 

6)      Ta’yis/menunjukkan putus asa, seperti :لا تعـتــذروا اليـــوم

7)      Tahdid, seperti :لاتـــطع أمــــري    
Kaidah kedua :

النـهي بـالشيئ أمــــر بضـــده     
     
   Seperti; larangan menyekutukan Allah berarti memerintahkan untuk mentauhidkan Allah swt.
Kaidah ketiga :

الأصل فى النهي المطلق يقتضي التـكرار فى جميع الأزمنـــة 
  
   Seperti; larangan melaksanakan shalat selama dalam keadaan mabuk.

Kaidah keempat :

الأصـل فى النهـي يقتـضى الفـســــــاد مطــلـقـا   
       
   Seperti; setiap perkara yang dilarang berarti tidak diperintahkan dan batal hukumnya.

B.     ‘AM DAN KHASH

1.      Pengertian ‘Am

اللـفظ المسـتـغـرق لجمـــيع ما يصـلح له بحسب وضع واحـد دفــعـة      
      
   ‘am adalah lafaz yang mencakup semua bagian-bagian yang terkandung didalamnya.

2.      Macam-macam lafal ‘Am

a.      lafaz-lafaz yang mengandung arti umum, seperti : كل, جميع, كافـة, dan معـشر.

b.      Lafaz yang berbentuk isim syarat (ada jawaban/balasan), seperti lafaz : من, مـا, dan أيـن.

c.       Lafaz yang berbentuk isim istifham, seperti menggunakan lafaz : من, ما, dan أين.

d.     Lafaz nakirah yang diawali dengan naïf, seperti :واتقوا يوما لاتجزي نفس عن نفس شيئا

e.      Lafaz yang berbentuk isim maushul, seperti lafaz : الذى, الذين, التي, اللآتـى.

f.        Lafaz أي (kapan saja), seperti :أيــامـا تـدعوا فـله الأسمــاء الحســنى 

g.      Lafaz yang berbnetuk ta’rif idhafah (isim ma’rifah dengan cara idhafah, seperti :

3.      Pengertian Khash
الخاص هو ما لا يتنـاول دفـعة شيـئين فـصاعــدا من غير حصــر        

   Khash adalah sesuatu yang tidak mencapai sekaligus dua atau lebih tanpa batas.

   Takhsish adalah mengeluarkan sebagian apa-apa yang termasuk dalam yang umum itu menurut ukuran ketika tidak terdapat mukhashish.

4.      Pembagian Mukhassish (dalil yang mengkhususkan)

a.      Mukhashish muttashil

   Mukhashish muttashil adalah makna suatu dalil yang berhubungan erat (bergantung) pada kalimat sebelumnya.

   Mukhashish muttashil dibagi menjadi 5 (lima), yaitu :

1)      Pengecualian (istinsa’)

إن الإنسان لفي خسر إلاالذين آمنوا وعملوا الصالحات .....

2)      Syarat

وبعولتهن أحق بردهن فى ذلك إن أرادوا إصلاحا ......

3)      Sifat

ومن قتل مؤمنا خطئا فتحرير رقبة مؤمنة ......

4)      Kesudahan

..... ولا تقربوهن حتى يطهـرن .....

5)      Sebagai ganti keseluruhan

ولله على الناس حج البيت من استطاع إليه سبيـلا .....
b.      Mukhashish munfashil

   Mukhashish munfasil adalah dalil (makna dalil) yang umum dengan dalil (makna dalil) yang mengkhususkannya masing-masing berdiri sendiri (terpisah).

   Mukhashish munfasil ada 4 (empat) macam, yaitu :

1)   Kitab ditakhsish dengan Kitab
     Dalil umum;

والمطلقات يتربصن بأنفسهن ثلاثة قروء ....

     Ditakhsish dengan dalil khusus;

وأولات الأحمال أجلهن أن يضعن حملـهن ....

2)   Kitab ditakhsish dengan sunnah
     Dalil umum;

يوصيكم الله فى أولادكم للذكر مثل حظ الأنثيين ...

     Ditakhsish dengan dalil khusus;

لايرث المسلم الكافر ولا الكافر المسـلم

3)   Sunnah ditakhsish dengan Kitab
     Dalil umum;

لا يقبل الله صلاة أحدكم إذا أحدث حتى يتوضـأ

     Ditakhsish dengan dalil khusus;

وإن كنتم مرضى أو على سفر أو جاء أحد منكم من الغائط أو لامستم النساء فلم تجدوا ماء فتيمموا    
صعيدا طيـبـا ......

4)   Sunnah ditakhsish dengan sunnah

     Dalil umum;

فيما سقت السمـاء العشـر

     Ditakhsish dengan dalil khusus;

ليس فيما دون خمسـة أوسق صدقـة

C. MUTHLAQ DAN MUQAYYAD

1.      Pengertian Muthlaq dan Muqayyad

   Muthlaq adalah suatu lafal tertentu yang tidak terikat oleh batasan lafal yang mengurangi keumumannya.

Contoh :   فتحرير رقبة  lafal raqabah tersebut adalah mutlak.

   Muqayyad adalah suatu lafal tertentu yang dibatasi oleh batasan lafal lain yang mengurangi keumumannya.

Contoh :   فتحرير رقبة مؤمنة  lafal raqabah pada ayat tersebut adalah muqayyad karena dibatasi oleh lafal mukminah.

2.      Hukum lafal Muthlaq dan Muqayyad

   Selama tidak ada dalil yang membatasinya, nash mutlak harus dipegang sesuai dengan kemutlakannya, demikian sebaliknya nash muqayyad harus dipegang sesuai dengan kemuqayyadannya.
Jika dalam suatu nash, khitab bersifat mutlak namun pada nash lain bersifat muqayyad, maka menurut para ulama ada beberapa kemungkinan;

a.      Jika persoalan dan hokum dalam nash itu sama, serta keadaan mutlak dan muqayyad terdapat pada hokum, maka harus berpegang pada yang muqayyad.

b.      Jika persoalan dan hokum kedua nash itu sama serta keadaaan mutlak dan muqayyad terdapat pada sebab hokum, maka harus berpegang pada yang muqayyad.

c.       Jika persoalannya berbeda dan hukumnya sama, maka menurut jumhur ulama Syafi’iyyah wajib berpegang pada muqayyad.

d.     Jika persoalan sama dan hokum berbeda, maka menurut Jumhur Ulama Syafi’iyyah dan Hanafiyah harus berpegang kepada muqayyad. Sementara menurut Ulama Malikiyah dan Hanabilah harus berpegang pada masing-masing lafal tersebut.

D. MANTHUQ DAN MAFHUM

1.      Pengertian Manthuq dan Mafhum

المنطوق هو ما دل عليه اللفـظ فى محل النـطق        
   
   “Manthuq adalah Apa yang ditunjukkan oleh lafaz sama maksudnya dengan apa yang diucapkan.”

المفـهوم هو ما دل علـيه اللـفظ لا فى محــل النـطـق     
 
   “Mafhum adalah apa yang ditunjukkan oleh lafaz tidak sama maksudnya dengan apa yang diucapkan.”

2.      Macam-macam Manthuq

   Manthuq nas, yaitu lafaz yang diucapkan tidak mungkin ditakwilkan dengan makna lain.

Manthuq zihar, yaitu lafaz yang memungkin dapat ditakwilkan kepada makna lainnya.

3.      Macam-macam Mafhum

a.      Mafhum muwafaqah, yaitu hokum yang tersirat sama dengan yang tersurat, seperti; keharaman minuman keras disamakan dengan keharaman khamr.

Mafhum muwafaqah ada 2 (dua), yaitu;

1)      Fahwal khithab, yaitu hokum tersirat lebih utama daripada hokum tersurat.

   Seperti; keharaman memukul orang tua lebih utama daripada keharaman mengatakan “ah” kepada orang tua.

2)      Lahnul khithab, yaitu hokum tersirat sama dengan hokum tersurat.

   Seperti; keharaman membakar harta anak yatim sama hukumnya dengan keharaman memakan harta anak yatim.

b.      Mafhum mukhalafah, yaitu yang tersirat berlainan hukumnya dengan yang tersurat, baik dalam menetapkan maupun meniadakan hokum.

Mafhum mukhalafah terdiri dari;

1)      Mafhum sifat

2)      Mafhum syarat

3)      Mafhum ghayah

4)      Mafhum hasyr

5)      Mafhum laqab

4.      Berhujjah dengan Mafhum

   Jumhur ulama membolehkan berhujjah dengan mafhum mukhalafah dengan syarat;

a.      Tidak bertentangan dengan dalil yang lebih kuat.

b.      Yang tersurat tidak sebagai penguat keadaan

c.       Yang tersurat bukan sesuatu yang lumrah terjadi.

E. MUJMAL DAN MUBAYYAN

1.      Pengertian Mujmal dan Mubayyan

المجمل هو اللفظ الذى لا يدل بصيـغته على المـــراد   

   “Mujmal adalah lafaz yang sighatnya tidak menunjukkan apa yang dimaksud.”

المبـين هو اللـفظ الـذى يـدل بصيـغتـه على المــــراد   

   “Mubayyan adalah lafaz yang sighatnya jelas menunjukkan apa yang dimaksud.”

2.      Tingkatan Bayan

a.      Bayan dengan kata-kata “  بيان بالقول “

Seperti;فصيام ثلاثة أيام فى الحج وسبعة إذا رجعتم  تلك عـشرة كامــلة

b.      Bayan dengan perbuatan “  بيان بالفـعـل “

Seperti;صـلوا كما رأيتمـــوني أصــلي 

c.       Bayan dengan isyarat “  بيان بالإشــارة “

Seperti;إن هـذين حــرام على ذكــور أمــتي     

d.     Bayan dengan meninggalkan “  بيان بـالتـرك “

Seperti;كان آخر الأمرين منه صلى الله عليه وسلم عدم الوضوء مما مست النـار 

e.      Bayan dengan diam setelah ada pertanyaan “  بيان بالسكوت بعد السـؤال “
Seperti;قـد أنـزل فيك وفى صاحبـك قـرآن ولاعـن بينــهمـا  

F. MURADIF DAN MUSYTARAK

1.      Pengertian Muradif dan Musytarak

   Muradif adalah : اللفظ المتعدد للمعنى الواحد

“ Beberapa lafaz yang menunjukkan satu arti “

Contohnya; lafaz “ الأسد“ dan lafaz “ الليث“ yang berarti singa.

Musytarak adalah : اللفظ الموضوع لحقيقتين مختلفين أو أكثر

“ Satu lafaz yang menunjukkan dua arti atau lebih “

Contoh; lafaz “ القرء“ bisa berarti haid dan suci; lafaz “ الجون“ bisa berarti hitam dan putih.

G.    ZAHIR DAN TAKWIL

   Zahir adalah suatu lafaz yang jelas-jelas menunjukkan kepada suatu arti yang sebenarnya tanpa memerlukan faktor lain di luar lafaz tersebut.

   Contohnya; وأحل الله البيع وحـرم الربا 
Ayat tersebut secara zahir jelas menunjukkan akan halalnya jual beli dan haramnya berbuat riba.

   Takwil adalah mengalihkan lafaz dari makna zahirnya kepada makna yang memungkinkan baginya berdasarkan dalil baik berupa nas, ijma maupun qiyas.

   Contohnya;  lafaz “ يـد“ makna zahirnya adalah tangan, namun dapat dimungkinkan berarti kekuasaan.

Syarat-syarat Takwil

   Takwil harus berdasarkan dalil syara’, baik berupa nas, ijma maupun qiyas

   Jika dalil tersebut berupa qiyas, maka qiyas tersebut harus qiyas jail dan bukan qiyas khafi
Takwil harus sesuai dengan penggunaan bahasa dan kebiasaan syari’at.

H.    NASIKH DAN MANSUKH

   Nasakh adalah : إبطال العمل بالحكم الشرعي بدليل متراخ عنه
“membatalkan pengamalan suatu hukum syara’ dengan dalil yang dating kemudian”

   Yang membatalkan disebut Nasikh dan yang dibatalkan hukumnya disebut Mansukh.
Contohnya;

أن النبي صلى الله عليه وسلم قام يستقبل بيت المقدس في الصلاة ستـة عشر شهرا ثم نسخ ذلك بطلب التـوجه إلى الكعـبـة                                                                                        
   “Sesungguhnya Nabi saw berdiri menghadap ke Baitul Maqdis dalam shalat selama enam belas bulan, kemudian dinasakh dengan adanya tuntutan menghadap ke Ka’bah”.
Syarat-syarat Nasakh :

1.      Yang dinasakh adalah bukan hukum syara’ yang diwajibkan karena zatnya, seperti iman, dan bukan hukum syara’ yang dilarang karena zatnya, seperti kufur.

2.      Hukum yang dimansukh harus dating lebih dahulu daripada nasikh, demikian juga nasikh harus dating kemudian daripada mansukh.

3.      Hukum yang mansukh tidak dibatasi oleh waktu tertentu.

   Dari artikel tentang kaidah-kaidah ushul fikih ini  semoga dapat membantu kawan-kawan dalam mengerjakan tugas pelajaran fikihnya. Jangan lupa like dan shere ya, supaya teman-teman kalian juga dapat mempunyai banyak pengetahuan. Terima kasih susah mampir di blog kami sekali lagi terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Propellerads